Cara Membuat Nasi Uduk Khas Betawi

Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam.Pada malam hari,biasanya nasi uduk dijual di warung pecel lele,yaitu warung yang menjual nasi uduk beserta lauknya,seperti : lele, ikan mas, ayam bakar dan goreng, dan lain lain.

Tak jarang juga para ibu-ibu yang menggunakan Nasi Uduk sebagai menu untuk hari besar seperti lebaran, arisan keluarga, ulang tahun, dan selamatan. Nasi Uduk rasanya memang enak, gurih dan tidak lembek. Cara membuatnya pun juga sangat mudah. Bahan pelengkapnya dapat anda sesuaikan dengan selera anda.

Bukan hanya nasi kuning yang menggugah selera makan, nasi uduk juga sangat menggona kita untuk melahapnya karena aroma wangi dari nasi uduk sangat tajam. Nasi Uduk juga dapat dijadikan tumpeng besar maupun kecil seperti nasi-nasi lainnya.

Anda hanya perlu kreatifitas untuk menghias nasi uduk dengan bahan pelengkap secantik mungkin, itupun kalau anda berkehendak. Meskipun tampilannya biasa-biasa saja yang penting adalah rasa dari makanan tersebut.

Anda ingin bisa membuat Nasi Uduk sendiri yang gurih dan nikmat?. Kali ini kami akan berbagi Resep Nasi Uduk gurih dan nikmat khas Betawi asli. Sehingga anda dapat mempraktekkannya langsung di rumah. Berikut resepnya.

BAHAN :

  • 1 gelas / takaran beras
  • 2 gelas santan, namun sebaiknya dilebihkan sedikit.
  • 2 iris lengkuas
  • 2 batang sereh
  • 2 iris jahe
  • 2-4 lbr daun salam
  • 2-3 butir cengkeh
  • garam
  • pala secukupnya saja

CARA MEMBUAT NASI UDUK BETAWI ASLI PASTI ENAK

  1. Cuci beras lalu tiriskan.
  2. Masak santan dengan rempah-rempah yang sudah dikeprek-keprek dengan api sedang hingga matang. Perbandingan beras dan air santan adalah 1:2, ini bisa Anda terapkan jika ingin memasak nasi uduk Betawi lebih banyak lagi.
  3. masak beras di dalam santan hingga santannya mengering.
  4. Setelah santan mengering, Anda bisa mengukus nasi tersebut dengan dimasak di dalam rice-cooker, Magic com atau menggunakan microwave.
  5. Nasi uduk siap disajikan untuk disantap.

Catering Untuk Buka Puasa